RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SELASA, 17 SEPTEMBER 2024

17
Sep

RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SELASA, 17 SEPTEMBER 2024

1. Kelompok hacker asal Korea Utara, Lazarus Group diduga merupakan pelaku peretasan platform jual beli kripto Indonesia, Indodax. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah melalui Kementerian dan Lembaga terkait, agar segera mencari bukti sebagai bahan untuk mengkonfirmasi kebenaran peretasan platform jual beli kripto Indonesia, dan jika terbukti pemerintah bertanggung jawab untuk menangani dan menyelesaikan hal tersebut melalui bekerja sama dengan pihak otoritas yang berwenang di Korea Utara. Sementara itu meminta pemerintah segera memastikan sistem keamanan siber untuk ditingkatkan guna menekan kerugian yang dialami oleh masyarakat.

B. Meminta pemerintah dapat memberikan perlindungan terhadap pihak Indodax terutama dalam memberikan jaminan seluruh aset perusahaan serta nasabah aman dari insiden peretasan atau hacking tersebut, dan berkomitmen bertanggungjawab atas segala kerugian yang ditimbulkan.

C. Meminta pemerintah memastikan pihak Indodax menjamin seluruh platform yang terkait perekonomian, seperti platform pertukaran mata uang seperti Indodax, untuk meningkatkan ,,keamanan pada sistem dan server yang digunakan.

D. Meminta pemerintah mendesak pihak Indodax untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara transparan sesuai aturan yang ada, dan secara jujur memproses investasi serta menangani kasus hacking tersebut dengan baik, serta mengimbau nasabah untuk berhati-hati atas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

2. Permasalahan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI jalanan tanah berlumpur di sekitar lokasi PON dengan truk dan puluhan unit alat berat lalu lalang, hingga makanan basi, AC mati, dan atap bocor. Respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah untuk memanggil PB PON dan Panitia Penyelenggara PON XXI termasuk Pemda setempat, untuk menyampaikan laporan kegiatan dan juga laporan audit keuangan dalam penyelenggaraan PON XXI tersebut, karena informasi mengenai carut marutnya penyelenggaraan PON XXI tersebut, menunjukkan ketidaksiapan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pengurus Besar PON, pemerintah daerah, dan Panitia Besar/PB PON dalam bekerja untuk menyukseskan pelaksanaan PON XXI tahun 2024.

B. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga/Kemenpora, PB PON, dan Panitia Penyelenggaraan PON 2024, untuk bertanggung jawab terhadap permasalahan yang ada dan segera memperbaiki permasalahan tersebut, dikarenakan penyelenggaraan PON masih akan berlangsung hingga 20 September 2024.

C. Mendorong pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, untuk meminta institusi terkait seperti PB PON, Panitia penyelenggara PON 2024 ke XXI untuk menyampaikan penjelasan atas terjadinya permasalahan tersebut, serta menyampaikan laporan pertanggung jawaban Keuangan penyelenggaraan PON XXI.

D. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, untuk bekerjasama dengan PB PON, Panitia Penyelenggara PON XXI, berkomitmen memperbaiki kondisi yang ada agar lebih baik dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi atlet yang ingin bertanding, serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap seluruh sarana, dan prasarana, bagi atlet baik dalam mempersiapkan diri melakukan latihan maupun dalam bertanding di PON XXI.

3. Kemacetan parah di kawasan Puncak, Bogor pada libur peringatan Maulid Nabi Muhammad kemarin, menandakan minimnya daya tampung di kawasan tersebut hingga belum efektifnya pengaturan lalu lintas yang dilakukan tiap masa liburan. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah dan Direktorat Lalu Lintas Jalan Raya untuk menjadikan kondisi macet tersebut sebagai perhatian,untuk selanjutnya disusun suatu strategi bagaimana untuk mengatasi kemacetan yang terjadi, untuk itu peran Pemerintah Kabupaten Bogor dalam melakukan penataan kawasan Puncak sebagai destinasi wisata unggulan sangat dibutuhkan, jika perlu dilakukan penambahan aksesibilitas infrastruktur jalan untuk meningkatkan daya tampung kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

B. Meminta pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait agar juga memikirkan sekaligus berupaya menjadikan Puncak, Bogor sebagai kawasan wisata yang komprehensif dan terintegrasi dengan berbagai fasilitas yang ada yaang dibutuhkan pengunjung. Mengingat dengan kejadian kemacetan parah kemarin, banyak masyarakat yang mengeluhkan minimnya fasilitas pendukung untuk wisatawan bisa beristirahat.

C. MPR berharap dengan tingginya antusiasme masyarakat yang berkunjung ke kawasan Puncak dapat menambah semangat jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor untuk melakukan pembenahan dan penataan kawasan wisata tersebut.

D. Meminta aparat kepolisian agar dapat melakukan rekayasa lalu lintas agar di jalur jalan wisata Puncak utamanya di saat momen liburan tidak terjadi laka lantas dan kemacetan.

Terimakasih.

Leave a Reply