RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO RABU 4 SEPTEMBER 2024

4
Sep

RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO RABU 4 SEPTEMBER 2024

1. Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024, dalam rangka menjaga dialog antar umat beragama. Respon Ketua MPR RI:

A. Menyampaikan sambutan kepada Paus Fransiskus atas kedatangannya ke Indonesia, dan meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama/Kemenag, menyampaikan dukungan dan sambutan kepada Paus Fransiskus, serta turut mendukung tujuan dari kedatangan Paus Fransiskus yakni untuk menegakkan toleransi dalam menciptakan perdamaian dunia.

B. Meminta Kepolisian untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan di titik-titik yang dilalui dan didatangi oleh Paus Fransiskus, dengan menurunkan personelnya guna memastikan tidak ada situasi yang membahayakan atau kerusuhan yang terjadi.

C. Meminta pemerintah menjadikan momentum tersebut untuk memperkuat hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Vatikan, khususnya dalam hal perdamaian dan kemanusiaan.

D. Mengimbau kepada seluruh umat Katholik yang mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus agar mengikuti ketentuan/peraturan yang telah ditetapkan, dan memperhatikan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno/GBK agar bisa tiba tepat waktu, sehingga dapat menjalani ibadah misa dengan khusyuk dan lancar.

2. Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap adanya potensi tsunami hingga 20 meter yang bakal menghantam wilayah Banten apabila megathrust di bagian selatan Jawa melepaskan energi besarnya. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah bersama lembaga terkait dalam hal ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menjadikan penelitian tersebut persoalan dan perhatian khusus. Oleh karenanya diperlukan upaya serius dalam menghadapi potensi gempa besar di wilayah tersebut. Pasalnya ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi pentingnya langkah serius pemerintah, salah satunya karena di wilayah Banten terdapat industri chemical dan dampaknya beda dengan lokasi yang tidak ada industri.

B. Meminta BMKG bersama pihak-pihak terkait, termasuk PVMBG untuk terus fokus mengerahkan alat-alat mitigasi gempa di zona Megathrust Selat Sunda, juga Selat lainnya sebagai salah satu upaya deteksi dini menyiapkan mitigasi megathrust.

C. Meminta sejumlah pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, industri, hingga BMKG untuk memastikan peringatan dini (seismograf dan akselerograf), termasuk jalur-jalur evakuasi telah terpasang sesuai SOP yang ada. Pasalnya mitigasi gempa besar megathrust yang berpotensi memunculkan tsunami dahsyat di wilayah itu butuh perhatian serius.

D. Meminta BMKG untuk secara berkala memastikan dan mengecek kelayakan alat-alat pendeteksi gempa hingga tsunami, seperti automatic water level atau tsunami gate hingga warning receiver system berfungsi dengan baik dan akurat.

E. Meminta BMKG untuk melakukan sosialisasi dan edukasi mitigasi megathrust kepada masyarakat, utamanya masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan berada di wilayah zona megathrust. Sehingga diharapkan masyarakat mandiri dan memiliki ‘bekal’ dalam menghadapi bencana.

3. Pemerintah menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024, namun hingga saat ini angka stunting masih di atas 21 persen. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah memetakan daerah-daerah yang masih memiliki angka stunting yang cukup tinggi, dan mengklasifikasikan penyebab dari masih tingginya angka stunting di masing-masing daerah.

B. Meminta pemerintah menyusun upaya untuk menekan jumlah angka stunting di Tanah Air, dan memastikan target penurunan stunting dapat tercapai.

C. Meminta pemerintah memberikan edukasi dan pelatihan stimulasi tumbuh kembang anak kepada orang tua, dan meminta pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi bahan makanan pokok yang dapat memenuhi gizi agar terhindar dari stunting.

D. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan/Kemenkes, mempersiapkan sistem kesehatan yang maksimal dalam penanganan dan pengobatan stunting, sehingga anak-anak dan generasi muda bisa bebas dari stunting menuju generasi emas 2045 yang sehat dan cerdas.

Terima kasih

Leave a Reply