RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SENIN 9 SEPTEMBER 2024

9
Sep

RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SENIN 9 SEPTEMBER 2024

1. Selama kurun waktu lima tahun terakhir, kasus kekerasan seksual dan bullying di sekolah-sekolah di Indonesia makin meningkat. Respon Ketua MPR RI:

A. Menyatakan keprihatinan serta mengecam keras aksi tidak terpuji tersebut. Meminta pihak Kepala sekolah dan jajarannya untuk menuntaskan setiap kasus kekerasan seksual dan bullying yang ada, serta menindak tegas oknum pelaku dengan mengeluarkan oknum pelaku tersebut, dan melaporkan kepada aparat kepolisian agar oknum pelaku tersebut dapat dikenakan sanksi sebagaimana yang diatur dalam perundangan yang berlaku.

B. Meminta pihak Kementerian juga lembaga terkait, agar memberikan dukungan kepada sekolah yang bersikap tegas dalam menghadapi kasus kekerasan seksual dan bullying di sekolahnya. Di samping itu K/L dapat berkoordinasi dengan pihak sekolah dan pusat-pusat pelayanan korban kekerasan seksual hingga bullying guna memberikan bantuan medis, psikologis, dan bantuan hukum bagi korban. Mengingat layanan tersebut sangat penting untuk membantu korban pulih secara psikologis dan dapat melanjutkan hidup mereka.

C. Meminta pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan kerjasama meningkatkan program pengawasan yang ketat terhadap konten media dan internet, yang menayangkan konten yang tidak pantas dilihat utamanya konten pornografi, hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran konten yang dapat memicu tindak pidana asusila.

D. Menegaskan meningkatnya kasus tindak pidana asusila atau kekerasan seksual di Indonesia merupakan kasus yang tidak boleh di selesaikan secara diluar hukum, karenanya kasus ini menjadi tantangan serius yang memerlukan perhatian dan tindakan nyata dari berbagai pihak. Diantaranya melalui penegakan hukum yang tegas, dan dukungan yang memadai bagi korban, serta pemberian pembelajaran budi pekerti dan akhlak ditingkatkan, dengan demikian diharapkan kasus-kasus ini dapat ditekan sehingga masyarakat dapat hidup dengan lebih aman serta terlindungi dari kejahatan seksual.

2. Syarat penggunaan e-meterai atau materai elektronik bagi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 di dokumen persyaratan, mengalami kendala beberapa waktu lalu. Banyak pelamar CPNS 2024 banyak yang tidak berhasil membeli hingga membubuhkan e-meterai lantaran server down. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah untuk mengevaluasi penggunaan materai elektronik tersebut, dan segera meningkatkan kualitas server yang digunakan, dikarenakan jangan sampai kemajuan teknologi dan digitalisasi justru menghambat atau mempersulit pelamar CPNS 2024 dalam mendaftarkan diri.

B. Meminta pemerintah melalui Kementerian dan Lembaga terkait dapat memastikan pengunduran waktu pendaftaran CPNS 2024, yang semula ditutup pada tanggal 6 September dimundurkan menjadi tanggal 10 September 2024, dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, dan memastikan para pelamar CPNS 2024 dapat mendaftarkan diri sesuai prosedur yang ditetapkan.

C. Meminta pemerintah memberikan arahan kepada pelamar CPNS 2024 yang sebelumnya gagal membeli ataupun yang gagal membubuhkan e-meterai lantaran server down, untuk terus mendaftar dan memperbaiki persyaratan pendaftaran yang harus dilampirkan.

D. Mengimbau kepada seluruh pelamar CPNS 2024 agar mempersiapkan diri secara optimal dalam mengikuti tes CPNS 2024 ini, dan mengikuti seluruh arahan selama proses pendaftaran hingga tes berlangsung.

3. Pekan Olahraga Nasional atau PON ke XXI yang akan diselenggarakan di provinsi Aceh dan provinsi Sumatra Utara dimulai secara resmi pada 9-20 September 2024. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga/Kemenpora, untuk mengkoordinasikan dengan Pemerintah Daerah mengenai kesiapan Panitia Penyelenggara PON XXI, baik terhadap sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh atlet selama bertanding, serta jaminan keamanan dan kenyamanan dari sarana dan prasarana yang akan digunakan atlet tersebut.

B. Meminta pemerintah, melalui Kemenpora, dan pembina cabang olahraga yang dipertandingkan untuk memastikan atlet-atlet setiap cabang olah raga yang bertanding dalam PON XXI ini memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik dalam berkompetisi, di antaranya dengan menjamin asupan makan, latihan, dan waktu istirahat yang cukup bagi para atlet yang hendak bertanding.

C. Meminta pemerintah, melalui Kemenpora, segera menanggapi setiap keluhan dari para kontingen yang mengikuti PON XXI ini, dan meminta pihak panitia penyelenggara dapat segera mencari solusi dan menindaklanjuti keluhan atau permasalahan yang dialami oleh kontingen.

D. Menyampaikan selamat bertanding dengan mendukung sportifitas tinggi bagi seluruh atlet terpilih yang mengikuti PON XXI di provinsi Aceh maupun Sumatra Utara, dengan harapan agar penyelenggaraan PON 2024 ini dapat bermanfaat, mulai dari penyelenggaraan, administrasi, prestasi, hingga dampak ekonomi bagi wilayah sekitar maupun negara.

Terimakasih.

Leave a Reply