RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SENIN 22 JULI 2024

22
Jul

RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SENIN 22 JULI 2024

1. Potensi kebakaran hutan dan lahan/karhutla di sejumlah wilayah mengalami peningkatan dengan bertambahnya titik hotspot atau titik api di sejumlah wilayah. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK bersama Jagawana dan Polisi hutan untuk meningkatkan patroli dan meningkatkan kewaspadaan, khususnya pada daerah yang rawan terjadi karhutla, serta edukasi kepada masyarakat terhadap dampak yang diakibatkan jika terjadi karhutla.

B. Meminta pemerintah bersikap tegas kepada masyarakat yang tidak mematuhi larangan membakar hutan dan lahan, seperti melakukan tindakan penangkapan, mengingat karhutla sering terjadi berulang, dengan demikian diharapkan penegakan hukum yang tidak pandang bulu dapat menekan terjadinya karhutla.

C. Meminta KLHK bekerjasama dengan pemerintah daerah atau pemda melalui Dinas terkait, untuk mengadakan pertemuan guna memberikan pemahaman terhadap resiko dari karhutla kepada warga yang tinggal di daerah sekitar hutan dan menjelaskan tata cara pembukaan lahan, diantaranya tidak dengan cara membakar hutan, termasuk kepada pengusaha perkebunan, dikarenakan larangan juga berlaku jika ingin melakukan peremajaan, mengingat mereka memiliki wilayah perkebunan yang luas.

D. Meminta KLHK bekerja sama dengan aparat kepolisian dalam melakukan patroli hutan dan memberikan edukasi kepada masyarakat, mengingat masih banyak masyarakat yang melakukan pembakaran hutan dengan sengaja dan tujuan tertentu, karena untuk menghemat biaya. MPR meminta agar pemerintah bisa tetap mensejahterakan masyarakat yang penghasilan atau pendapatannya sebagian besar dari hutan, tanpa harus merusak atau membakar hutan dengan sengaja.

2. Pembaruan CrowdStrike yang salah menyebabkan terjadinya bencana teknologi di seluruh dunia yang memengaruhi 8,5 juta perangkat Windows pada Jumat (19/7). Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah dapat mengantisipasi dampak dari hal tersebut bagi Indonesia, utamanya bagi pengecer, bank, maskapai penerbangan, dan berbagai industri lainnya, selanjutnya melalui pakar dan ahli dibidangnya dapat menentukan langkah yang tepat untuk menangani hal tersebut.

B. Meminta pemerintah mulai melakukan pembaruan atau meningkatkan keamanan siber di Indonesia, termasuk koordinasi dan kerjasama dengan platform-platform internasional yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, seperti microsoft, agar sistem keamanan siber bisa lebih aman digunakan oleh masyarakat.

C. Meminta pemerintah menyusun rencana jangka panjang yang dimuat dalam rancangan anggaran belanja negara, termasuk penguatan kapabilitas sumber daya manusia/SDM untuk mencegah dampak dari server down.

D. Meminta pemerintah memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait kasus tersebut, agar masyarakat memahami kondisi yang terjadi, beserta keamanan data yang dikelola dengan microsoft.

3. Jepang tengah kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19 varian KP.3 selama 10 minggu berturut-turut, dengan jumlah pasien mencapai 55.072. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), beserta seluruh Dinas Kesehatan di Daerah, untuk tetap waspada terhadap peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Jepang, dengan bersiaga terhadap persebaran kasus Covid-19 utamanya varian KP.3 ini.

B. Meminta Kemenkes kembali mengambil sikap bekerja sama dengan pihak imigrasi, untuk menggunakan detektor suhu badan sebagai salah satu upaya deteksi dini kasus di setiap bandara maupun pelabuhan. Hal ini diperlukan guna mengantisipasi masuknya Virus Covid-19 varian KP.3 melalui pintu-pintu masuk ke negara.

C. Meminta epidemiolog agar tetap melakukan penelitian dan mengupdate perkembangan jenis virus COVID-19 KP.3 yang merupakan turunan dari varian Omicron JN.1. Mengingat varian KP.3 diklaim lebih menular dan mampu menghindari kekebalan yang diperoleh melalui infeksi dan vaksinasi.

D. Meminta pemerintah agar dapat mengeluarkan travel advisory atau travel warning ke negara Jepang untuk sementara waktu, agar mereka yang merencanakan bepergian dapat meningkatkan kehati-hatian dan tetap memonitor perkembangan kondisi di tempat yang akan dituju, utamanya yang terkait dengan kasus Covid-19.

E. Meminta pemerintah untuk menyampaikan peringatan dan imbauan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak bepergian ke negara-negara yang masih memiliki kasus tinggi Covid-19, seperti Jepang, agar terhindar dari paparan varian virus Covid-19 KP.3 yang tengah merebak di jepang.

F. Meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes, untuk memperkuat upaya preventif seperti dengan menggencarkan kembali vaksinasi Covid-19, mewajibkan penggunaan masker hingga memperkuat sistem kesehatan di Indonesia dalam penanganan kasus Covid-19.

Terimakasih.

Leave a Reply